Cara memperbaiki semua produk electronik

Sunday, March 26, 2017

Cara Mengatur Setingan RGB Pesawat Televisi Tabung

Cara Mengatur Setingan RGB Pesawat Televisi Tabung-Apa kabar para pembaca setia serviseelectro.com pada kesempatan kali ini teman teknisi   bakal sharing langkah mengatur setingan RGB tv, atau setingan warna Merah, Hijau serta Biru tabung CRT tv supaya dapat membuahkan gambar paling baik yang nyaman diliat, serta dapat menghadirkan kombinasi warna yang bila dapat mesti terlihat riil seperti saat kita melihat keindahan dunia dengan mata kita, gambar visual dari pesawat tv juga sesungguhnya dapat di buat seperti riil seandainya kita sabar serta telaten dalam mengatur setingan warna RGB nya.


Cara Mengatur Setingan RGB Pesawat Televisi Tabung

Seperti yang kita semuanya kenali bagus buruknya gambar atau visual yang dibuat oleh satu pesawat tv, itu bergantung dari 3 aspek yakni :

  • Kwalitas lampu RGB 
  • Kwalitas Video Amplifier 
  • Setingan warna RGB. 

Sebaik apa pun kwalitas tabung CRT bila video amplifiernya kurang bagus, jadi gambar/visual yang di hasilkan akan tidak prima, demikian halnya sebaik apa pun kwalitas tabung CRT serta video amplifier, bila setingan RGB nya buruk jadi akhirnya bakal buruk juga. Karenanya marilah kita belajar mengatur setingan warna RGB pada tv supaya dapat membuahkan kwalitas gambar/visual yang prima.


Langkah mengatur setingan RGB tabung pesawat televisi 


Nyaris 90% semuanya tabung CRT mempunyai basic warna menonjol warna merah atau RED, maka dari itu dalam setingan factory untuk warna umumnya tv cuma memakai 5 setingan basic saja, yang salah satunya :


  • G Driver 
  • B Driver 
  • R Gain/cut/level 
  • G Gain/cut/level 
  • B Gain/cut/level. 


Tetapi ada pula yang memakai kian lebih 5 setingan basic dengan urutan yang tidak sama, seperti pada beberapa tv cina yang memakai setingan basic :

  • R Driver 
  • G Driver 
  • B Driver 
  • R Gain/cut/level 
  • G Gain/cut/level 
  • B Gain/cut/level 


Yang terutama di sini yaitu bagaimana langkahnya supaya ketiga warna itu tercampur dengan dengan agar membuahkan gambar/visual yang prima juga.

Di bawah ini beberapa langkah mengatur setingan RGB pada pesawat tv :

Pertama : Setel jelas sinar gambar atau bright pada posisi 50%, bila defaultnya 0-100 jadi posisikan di angka 50.

Ke-2 : Setel tingkat kejelasan gambar atau kontras pada posisi 50%, bila defaultnya 0-100 jadi posisikan di angkan 50.

Ketiga : Setel warna gambar atau color di level 0%.

Ke empat : Putar potensiometer screen pada flyback hingga menonjolkan warna basic asli dari tabung tv itu, bila warna dasarnya telah hitam putih, itu lebih gampang, namun bila warna dasarnya merah atau hijau atau biru, jadi posisikan di warna basic yang paling menonjolnya.


  • Bila warna dasarnya merah jadi putar potensiometer screen pada flyback hingga menghadirkan warna merah saja 
  • Bila warna dasarnya hijau jadi putar potensiometer screen pada flyback hingga menghadirkan warna hijau saja 
  • Bila warna dasarnya biru jadi putar potensiometer pada flyback hingga menghadirkan warna biru saja. 


Jangan pernah ada kombinasi warna dahulu saat lakukan setingan awal, lantaran meskipun setingan nanti telah benar, saat jelas redup sinar beralih, bakal menghadirkan warna yang kurang bagus.

Ke lima : Seting dahulu driver warna, bila warna dasarnya merah bermakna anda tinggal naikan driver hijau hingga warna basic jadi kuning, kemudian naikan driver biru hingga warna dasarnya jadi hitam putih. Demikian halnya bila warna basic ada di warna hijau atau biru, janganlah menaikan driver yang telah menonjol pada warna basic terlebih dulu.

Ke enam : Sesudah warna dasa jadi hitam putih, sesungguhnya saat setelan warna gambar atau color di naikan bakal membuat kombinasi warna yang prima, tetapi masihlah kurang tidak tipis, dalam pengertian dibutuhkan setelan yang sangat tinggi untuk warna/color hingga menghadirkan warna gambar yang cukup, kadang-kadang sipemilik tv bakal memprotes, Kok mesti di seting hingga 80 atau 90 baru warna nya terang?.

Ketujuh : Naikan setelan gain/cut/level semasing warna yakni merah hijau serta biru, yakinkan tiap-tiap mengatur setelan RGB, senantiasa dimulai dari warna merah dahulu, sesudah merah baru ke hijau hingga menghadirkan warna kuning, sesudah hijau baru yang paling akhir seting warna biru.

Untuk hindari kelelahan syaraf mata saat lakukan penyetingan, diwajibkan anda sesekali lihat objek warna hitam serta warna putih, dapat dengan lihat warna buku catat, atau apa sajakah yang utama warna nya hitam serta putih, lantaran kadang-kadang bila sangat lama lihat satu objek warna, jadi mata kita bakal terpaku serta capek.

Itulah beberapa langkah langkah mengatur setingan warna RGB pada peswat tv, utnuk membuahkan kombinasi serta kwalitas warna yang bagus serta enak dilihat mata. Serta langkah mengatur setingan RGB ini berlaku untuk merk tv seperti sony, toshiba, samsung, lg, sharp, polytron, digitec, aiwa, philip, mitsubishi, sanyo, akari, asatron, panasonic, tcl, konka, ichiko, tv cina, serta semuanya merk tv. Mudah-mudahan berguna.

Baca Juga:
Cara memperbaiki lampu LED TV Paling Ampuh

Cara Mengatur Setingan RGB Pesawat Televisi Tabung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: service electro

0 comments:

Post a Comment