Cara memperbaiki semua produk electronik

Saturday, August 19, 2017

CARA KERJA TV LED/TVLCD

CARA KERJA TV LED/TVLCD -Halo apa kabar semua para pecinta www.serviseelectro.com?Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang tutorial cara kerja TV LED atau yang sering kita kenal dengan sebutan Tv LCD Kali ini saya akan menyebutkan dengan secara gamblangn ok kita langsung ke TKP aja ya lets go,,

Blok Diagram

CARA KERJA TV LED/TVLCD

Blok diagram dari Tv LCD bisa disederhanakan sesuai sama panel-panel blok yang ada pada Tv itu, di antara yaitu blok panel Tuner, Power Suplay, Mikro Computer (Main Board) , Mixer, Inverter, serta Panel Kontrol. Input HDMI serta input USB tersambung ke panel Main Board sedang input yang beda seperti input AV, Component, RS 232C, RGB input serta Antena input tersambung ke blok Tuner. Untuk lebih terang cermati keterangan tersebut :

Sisi serta Peranan Rangkaian

Tuner
CARA KERJA TV LED/TVLCD


Tuner, berperan terima tanda RF dari Antena dan membuat tanda RF jadi tanda video. Pada Blok ini tanda input dari RGB, component dan RS 232C dapat juga digabung agar bisa dipertunjukkan

Power Supply 

CARA KERJA TV LED/TVLCD

Blok Power Suplai berperan mensuplay tegangan kerja semuanya blok yang ada, Tuner, Main Board, Inverter, Mixer, serta Panel Control. Tegangan AC yang masuk lewat panel dirubah jadi tegangan DC dengan macam tegangan sesuai sama keperluan blok dari mulai tegangan rendah hingga DC tegangan tinggi yang menghadap ke inverter. Tegangan Mixer serta Tuner didapat dari pembagian dari rangkaian (blok) Main Board. Trouble pada power suplay juga akan menyebabkan tv mati keseluruhan.
Inverter 

Inverter yaitu blok rangkaian yang berperan jadi penghasil tegangan tinggi yang bermanfaat untuk memberi tegangan pada lampu neon yang ada pada panel LCD. Tegangan DC 24 volt dinaikkan serta dirubah jadi AC tegangan tinggi agar bisa menghidupkan neon. Putusnya tegangan ke Neon juga akan menyebabkan monitor LCD jadi gelap serta nada tv tidak hilang, karna sistem nada pada blok Tuner saja.

Mixer 

Pemrosesan gambar dalam sistem scanning dikerjakan oleh Mixer. Tanda gambar yang datang dari main board oleh mixer dikerjakan sistem scanning dalam dua sisi gambar kiri serta kanan, jika satu diantara kabel soket kita terlepas gambar cuma keluar separuh serta separuh sekali lagi raster putih. Bila kabel output mixer dilepaskan keduanya, berarti tanda video tak ada jadi pada monitor Terlihat raster putih semuanya.

Blok Main Board 

Blok Mainboard tersambung ke blok Tuner, mixer, control panel serta loud speaker. Pada blok Mainboard ini tanda audio juga dibuat hingga jadi audio yang bisa diumpankan ke Loud speaker, dengan artian power amplifier telah segera pada blok ini. Keluaran IF video dari tuner di proses jadi tanda video yang diumpankan ke blok Mixer untuk sistem scanning. Mainboard juga terima perintah-perintah penyusunan dari control panel serta lewat remote dalam penyusunan gambar, nada serta program input dsb. Rusaknya Mainboard menyebabkan pada gambar, nada serta program penyusunan input.

Control Panel 

Control panel terbagi dalam dua sisi, panel control untuk penyusunan manual serta panel sensor dari Remote. Panel control manual yaitu adalah himpunan switch push button yang kita tekan waktu mengatur Program (menambah chanel satu tingkat atau turunkan chanel satu tingkat), mengatur Volume (Up atau Down), tombol mengatur menu, OK, dan tombol pemilih Input. Rusaknya panel manual masih tetap dapat diantisipasi dengan memakai Remote.
Panel Remote diisi komponen sensor penerima remote yang juga akan mengumpankan perintah-perintah ke blok Mainboard untuk diolah. Rusaknya pada blok ini menyebabkan Remote tidak berperan.

Perawatan TV LCD 

Untuk perawatan TV LCD, di bawah ini adalah sebagian langkah-langkahnya :

  • Pakai LCD Sekedarnya, Janganlah memakainya jika anda tidak bebrapa butuh sangat serta janganlah memakainya 24 jam nonstop mesti ada saat jedanya karna tiap-tiap barang elektronik ada masa hidupnya (Lifetime). 
  • Pakai tipe power listrik yang mempunyai grounding, karna dapat meminimalkan rusaknya apabila berlangsung ada sambaran petir. Pilihan ini adalah opsional. 
  • Kerjakan pembersihan dengan berkala, minimum 2 minggu 1 kali, supaya LCD senantiasa dalam kondisi jernih dari debu serta kotoran yang lain. Ingat! untuk membersihkannya mesti memakai kain yang begitu halus yang telah diolesi cairan spesial pembersih LCD. Jika memang perlu anda dapat beli perlengkapan spesial untuk bersihkan LCD. 
  • Janganlah lakukan aktivitas pembersihan dalam kondisi listrik masih tetap mengalir, cabut semuanya kabel yang ada pada LCD untuk hindari beberapa hal yg tidak dikehendaki. Ada air yang masuk dalam rangkaian LCD akan menyebabkan rusaknya fatal. 
  • Jauhkan LCD dari beberapa hal yang memiliki kandungan air seperti air hujan, air minum dll. Karna semuanya barang elektronik juga akan berlangsung korsleting arus listrik jika air masuk dalam komponen elektronik. 
  • Taruh LCD di tempat yang strategis serta aman dari jangkauan anak kecil, agar hindari LCD anda tidak tersenggol atau jadi mainan anak kecil. 
  • Cabut semuanya kabel yang terkait dengan Computer (termasuk juga LCD) saat berlangsung hujan yang dibarengi petir, karna petir dapat menyambar lewat antena TV serta merambat lewat kabel listrik. Membuat perlindungan monitor/screen LCD dapat memakai Screen Protector yang peranannya menghambat debu masuk dalam LCD. 
Demikian yang bisa saya bagikan kepada rekan rekan semua semoga bermanfaat untuk kita semua jika ada pertanyaan seputar kerusakan TV mohon isikan komentar di kolom bawah sekian dan terima kasih

Baca Juga:

CARA KERJA TV LED/TVLCD Rating: 4.5 Diposkan Oleh: service electro

0 comments:

Post a Comment