Cara memperbaiki semua produk electronik

Saturday, August 19, 2017

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG-Halo?Pada jumpa kali ini saya ingin berbagi tentang kerusakan TV plasma LG emang model yang satu ini memang banyak sekali masalah untuk itu saya ingin berbagi tentang perbaikannya langsung aja yuk.......

1. Service LG Plasma tv standby on lalu off 
Plasma tv LG50PG50R, saat start, tanda hijau lalu sebagian waktu kembali standby merah, distart sekali lagi, demikian sekali lagi selanjutnya.
Kita cobalah analisa sedikit pada rusaknya ini, nampaknya rusaknyanya yaitu umum berlangsung.
Kita cobalah check semuanya output tegangan power suplai unitnya dahulu, dari mulai Vs, Va, 5V, Stby, Ac det, semuanya terlihat oke. Standby 5V stabil, semuanya tegangan tunjukkan taraf nyaris maksimum, lalu segera off, karena protect.
Kita cobalah putuskan suplai tegangan ke sisi X serta Ysusnya, nyatanya sama juga,
Kita alihkan perhatian pada sistem control powersupply, kita check sisi control relay on, 5V on, Vs on. Service LG, Lcd, Led, Plasma, Avtronic serviceDisaat mainboardnya menuju tempat standby dari tempat on, nyatanya signal relay, 5V on, serta Vs on nya, masih tetap menyala konstan untuk sesaat. namun tegangan switch dari controller ke relay serta optocoupler vs telah off.
Untuk meyakinkan sistem PSU unitnya normal apa tidak, kita cobalah analisa seperti berikut :
Kalau nyatanya PSU unit untuk akhirnya dikontrol oleh satu microcontoler, yang berperan diantaranya mengontrol semuanya tegangan output, termasuk juga didalamnya control suhu, arus/ampere, fault/kekeliruan tegangan (over/under limit), timing, dan masih banyak  lagi.

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

Untuk langkah awal kita bebaskan dahulu koneksi dari PSU ke mainboard serta ke x/y sustainnya, lalu kita disable dahulu peranan dari controllernya, dengan mengambil keputusan hubungan dari controller ke relay serta ke optocoupler start serta boost up, lalu disambung segera pada 5v on, relay on, serta vs on, dikaitkan segera dengan v standby 5v,
tahap selanjutnya sambung sekali lagi dari tegangan stanby 5v menuju ke switch optocoupler vs, boost up, serta ke relay on, PSU siap dinyalakan pada keadaan stand alone. Sebelumnya dinyalakan sediakan pengukuran dahulu ke sisi output tegangan terlebih Vs nya.. Service LG, Jakarta, Lcd, Led, Plasma, Proyekion tv, Avtronic serviceKita cobalah nyalakan PSU sebentar, sembari kita ukur output tegangan dari masing - masing output, lalu kita memperoleh hasil seperti berikut.

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

Untuk sisi Vs nya tunjukkan tegangan 150v, lalu perlahan-lahan menuju ke 175v konstan. (semestinya tegangan 190v) _
Untuk Va nya, output dari rectifier segera, tunjukkan tegangan 45v, sedang Va yang telah diboost up tegangannya 65v konstan.
Dari sini kita beranggapan kalau Vs outputnya alami problem. lalu kita cobalah melepas semuanya beban pada tegangan Vs, sesudah dicoba akhirnya tetaplah sama. Spesialis service tv LGKemudian kita cobalah cek optocoupler serta ic 431 nya, akhirnya masih tetap juga bagus, masih tetap kurang percaya kita ganti dengan yang baru.
Setelah itu kita cek dioda output Vs nya, akhirnya juga masih tetap bagus. Namun hati -hati, dua buah dioda Vs ini macamnya berlainan, yang nya ialah tipe PNP serta yang beda NPN, jadi dengan menurut skemanya, dua dioda ini dikombinasi jadi Bridge rectifier,
Nah, dari sini kita berasumsi mungkin saja satu diantara atau bahkan juga ke-2 dioda ini ada yang alami kebocoran, sewaktu keadaan tengah ON, meskipun dalam keadaan off line tampak bagus pada pengukuran.
Sesudah kita ganti, power suplai kembali normal, Vs nya bergerak ke 190v cepat serta konstan.
Lalu kita kembalikan semuanya koneksi jalur yang kita modifikasi barusan, serta kita rangkai kembali pada panel, lalu kita cobalah.
Akhirnya panel bekerja normal, taraf pengukuran tegangan, semua sesuai sama serta sesudah dicoba sebagian menit suhunya juga normal.
Kesimpulannya,
* Kita mesti hati - hati dalam mendiagnosa satu komponen, jadi satu diantara contoh di atas, kalau dua dioda penyearah nyatanya bebeda type, meskipun dengan fisik sama, terlebih dulu cermati dahulu jalur - jalurnya, bila ada saksikan dahulu datasheetnya.
* Kerapkali kita memakai cara BIASANYA, yang sesungguhnya dapat jadi penyebabnya, hal jadi lebih susah, bahkan juga mungkin saja tidak berhasil, baiknya kita cermat dulu dengan benar serta sabar.
* Senantiasa mempertimbangkan aspek beda, salah satunya diantaranya yaitu toolkit kita yang mungkin saja belum juga sesuai sama standar atau tingkat akurasinya yang kurang, berharap dimaklumi karna untuk sediakan alat yang begitu presisi kita memerlukan banyak cost, sekurang-kurangnya dengan bertahap.
Minta maaf apabila ada maksud yg tidak dapat kita ungkapkan dalam bhs, tetapi mungkin saja dari gambar dapat sedikit menerangkan.
Berhasil selalu


2. PLASMA TV LG 42PJ350R TIDAK KELUAR GAMBAR 

Rusaknya :
Plasma tv LG 42pj350r bila saya hidupkan, terdengar seperti ada percikan api serta selang beberapa saat kembali standby.

Jenisnya :
CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

Perbaikan : 
Step awal senantiasa diawali dengan coba memasukan aliran listrik serta lihat di PCB waktu tv dihidupkan, adakah sinyal tanda yang real sudah berlangsung rusaknya. Ruang yang saya utamakan main-x serta akhirnya bukanlah di sini yang punya masalah. Ruang rusaknya berada di Y-sus serta pemicunya cuma capasitor 1nf/1kv, capasitor ini jadi filter serta untuk perbaikan yang saya kerjakan cuma dengan membuangnya. penampilan capasitornya :

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG


tempat di PCB :


CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG


Hasil pada akhirnya Alhamdulillah Plasma tv LG telah kembali normal, begitu singkat sekali pastinya namun memanglah sekian ada.. mudah-mudahan dapat bermanfaat….. amiinn


3. LG Plasma 42 monitor gelap 

Rusaknya :
Plasma LG 42 monitor gelap, nada normal…..

  • Gunakan panel type 40X3 
  • Check tegangan VA serta VS ada….. 


Perbaikan : 

  • Saksikan catatan dulu….. 
  • Monitor panel type 40X3 tegangan VA serta VS wajarnya adalah…... 


CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

                        Dapat juga diliat pada label yang nempel pada belakang panel.


Nyatanya tegangan VA serta VS kurang semuanya…..
Ajust tegangan VA serta VS pada VR2 yang ada pada modul power suply.

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

Sesudah adjustment VA serta VS…. gambar dapat nonggol……. namun tidak sempurna……seperti kurang kontras, kurang jelas, tidak bersih.
Dimatikan……. lalu dihidupkan kembali…. monitor tetaplah gelap dulu…. lalu bebrapa perlahan gambar mulai nonggol sedikit untuk sedikit…. namun tidak dengan merata……sebagian gambar keluar, beberapa monitor ada yang tetap masih gelap hitam remeng remang

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

Dilanjutkan check tegangan Vzb pada modul Zsus
Lho……kok 0 dengan kata lain tidak ada….??????



CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG

Cek-ricek…. 2 bauah fuse yang tempatnya berada di sisi sudut kiri bawah….. nyatanya fuse yang atas putus….
Dikarenakan jalur ada yang short…….. (check gunakan ohm mtr.)

Wis….. brenti saja dulu…...... harus ganti satu modul……tidak mungkin saja diperbaiki...... parts yang ada di bawah pendingin tak ada yang jual....

Ya sudah lah hanya itu yang bisa saya bagikan apabila ada kekurangan ya mohon di maafin ya
Sekian Dan Terima Kasih

Baca juga:
CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA JVC 42 INS

CARA MEMPERBAIKI KERUSAKAN TV PLASMA LG Rating: 4.5 Diposkan Oleh: service electro

0 comments:

Post a Comment