Cara memperbaiki semua produk electronik

Sunday, March 26, 2017

Cara Memperbaiki LED tv Toshiba 29PB201EJ mati total

 Cara Memperbaiki LED tv Toshiba 29PB201EJ mati total- Halo para sobat-sobat yang tidak bosan-bosanya mengunjungi blog serviseelectro.com pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman   melakukan perbaikan LED tv toshiba 29PB201EJ dengan tanda-tanda rusaknya mati keseluruhan, yang pemicunya yaitu konsleting lantaran cicak.

Tak tahu hanya pengalaman saya atau memanglah sahabat teknisi juga kerap merasakannya, spesial tv led toshiba yang kerap saya tangani, rusaknyanya senantiasa disebabkan oleh cicak, walaupun rusaknya yang diakibatkan bervariatif, ada yang rusak sisi primer regulatornya saja, ada yang rusak sisi primer serta skunder regulatornya, ada pula yang rusak hingga merembet ke sisi motherboardnya.

Untuk masalah yang saya hadapi kesempatan ini yaitu rusak cuma sisi regulatornya.

 Cara Memperbaiki LED tv Toshiba 29PB201EJ mati total


Langkah melakukan perbaikan regulator led tv yang rusak akibat cicak


Sesungguhnya masalah rusaknya regulator yang konslet lantaran cicak, dapat disebut lebih kronis di banding yang terserang percikan petir, lantaran tubuh cicak itu dapat melekat segera pada sisi primer serta sekunder. Maka dari itu dalam memperbaikinya mesti betul-betul cermat.

Di bawah ini beberapa langkah dalam mengecek regulator led tv akibat cicak 


Pertama : yakinkan kabel soket yang menghubungkan regulator dengan motherboard mesti dilepaskan dahulu, untuk hindari terjadinya over tegangan akibat rusaknya di sirkuit regulator.

Kedua : Check dahulu sisi elko regulator paling utama apakah masihlah tersisa tegangan atau tak? bila masihlah ada sisa tegangan bermakna besar kemungkinan yang rusak cuma sisi fuse nya saja.

Ketiga : Bila tak ada tegangan yang tersisa, peluang rusaknya berlangsung akibat sebagian hal


  1. Konslet FET regulator 
  2. Konslet dioda penyearah 
  3. Konslet keduannya, yakni dioda serta FETnya 
  4. Rusak ic driver regulator yang mengakibatkan tegangan kesedot namun tak membuahkan tegangan keluar lantaran basis FET tak memperoleh tegangan input 
  5. Berlangsung konslet di bagian output regulator, atau skunder regulator hingga ke sisi motherboard. Terang dapat menyebabkan tv mati keseluruhan juga. 


Di bawah ini beberapa langkah untuk memperbaikinya. 


Bila tegangan masihlah tersisa
Buang dahulu tegangan yang tersisa dapat memakai resistor 47 ohm 15 watt, dapat pula buang tegangan memakai ujung colokan solder yang dikonsletkan ke kaki elko regulator.

Cabut dahulu FET regulator lantas colokan kabel input ac ke sumber listrik, ukur tegangang elko regulalator mesti ada sekitaran 300 volt, untuk ukuran listrik normal 200 volt.

Ukur basis FET mesti menujukan tegangan berdenyut sekitaran 0. 5-1 volt, bila tak ada peluang ic driver regulatornya yang rusak, serta bila tak sangat mungkin untuk mencari penggantinya, dapat ambillah alternatif ganti regulator dengan gacun.

Bila tak tersisa tegangan serta ada yang konslet.

Cabut dahulu FET lantas ukur, bila telah tak berlangsung jalinan singkat saat di ukur, jadi cobalah colokan ke sumber listrik, bila telah keluar tegangan serta input basis FET nya juga keluar, segera saja ganti FET.

Bila dicabut FET masihlah terarah jalinan singkat, jadi yang konslet peluang dioda penyearahnya akibat cicak, cobalah ukur FET nya siapa tau masihlah bagus.

Ganti dioda lantas colokan ke sumber listrik, bila telah ada tegangan di kaki elko serta input basis untuk FET telah keluar, silakan gunakan lagi FET nya, peluang tegangan regulator di bagian output bakal segera normal, atau paling akan tidak keluar tegangan dibagia output regulator.

Tinggal kita tetapkan apakah tegangan yang keluar itu telah cocok atau tak kurang serta tak lebih, bila tegangan kurang atau lebih, rusaknya ada dibagian optocouplernya, pada ic 431 atau 817 nya.

Bila regulator telah normal namun saat dipasang kabel penghungung pada regulator dengan motherboard berlangsung drop tegangan, peluang ada sisi yang konslet di bagian motherboard, yang disebabkan oleh tubuh cicak yang melekat pada tegangan 300 volt primer regulator ke sisi skunder regulator.

Serta kebetulan masalah yang saya alami cuma konslet FET serta putus fuse regulator nya saja, sesudah saya ganti FET serta fuse, tv dapat menyala dengan prima.



Rangkuman :

Dalam melakukan perbaikan rusaknya regulator, baik regulator tv tabung, lcd atau led, tak tahu itu yang rusak lantaran cicak, percikan petir atau rusak oleh hal-hal lain. Dalam memperbaikinya, yakinkan mengecek dahulu semua sisi yang ada di bagian regulator, juga yang ada di bagian luar regulator, sebelumnya mengambil keputusan ganti komponen yang rusaknya.

Itulah pengalaman saya dalam mengecek tv LED Toshiba 29PB201EJ yang rusak mati keseluruhan akibat cicak, serta beberapa langkah langkah memperbaikinya. Mudah-mudahan berguna. salam serviseelectro.com

Baca Juga:
Cara Memperbaiki Garis Berwarna Pelangi Pada Layar LCD TV Dengan gampang

Cara Memperbaiki LED tv Toshiba 29PB201EJ mati total Rating: 4.5 Diposkan Oleh: service electro

0 comments:

Post a Comment